Rabu, 14 Mei 2014

Koreksi Toned Image menggunakan Gradient Map

Tags

Beberapa hal yang sangat penting sebelum kita membuat sebuah Project Design adalah pemilihan stock dengan resolusi yang cukup serta arah datangnya cahaya yang masih dapat ditoleril (tidak terlalu dipaksakan). Proses editing dengan stock yang low resolution dapat kita akali dengan membuat tema design portrait atau dengan cara mengoreksi toned stock tersebut menggunakan beberapa macam tips dan triks Adobe Photoshop yang tersedia di situs-situs penyedia tutorial grafis sehingga akan didapat sebuah Image yang lebih tajam. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan salah satu tips dan triks memperbaiki sebuah toned Image menggunakan teknik Gradient Map dan sedikit sentuhan Selective Color Adobe Photoshop.
Berikut adalah Stock yang akan saya pakai dimana dapat anda lihat contour bebatuan gunung, pohon, awan, dll kurang begitu tajam.

Buka Stock dan aktifkan foreground warna putih dan hitam berada pada bagian bawah kemudian klik kanan pada Create New Fill Layer seperti contoh di bawah ini :

Selanjutnya klik Gradient Map dan beri tanda centang pada kotak Reverse seperti contoh di bawah ini :

Langkah selanjutnya ubah Layer Blending pada Gradient Map tersebut menjadi Multiply seperti contoh di bawah ini :

Agar tidak terlalu berkesan gelap dan Contrast, kurangi Opacity Layer menjadi 70% seperti contoh di bawah ini :

Langkah selanjutnya aktifkan Brush Tool dengan menekan Shortcut (B) kemudian pilih Brush Blur dengan cara klik kanan pada Image seperti contoh di bawah ini :
(Pastikan bahwa foreground Colour adalah hitam)

Selanjutnya mulailah menyapukan Brush warna Hitam tersebut pada bagian-bagian yang sekiranya lebih terang dari yang lain.
Untuk bagian terang yang lebih jauh dari fokus turunkan opacity Brush seperti contoh di bawah ini :

Pada saat proses masking Gradient Map di atas, anda dituntut untuk berimprovisasi menentukan opacity Brush dengan tepat.
Jika proses penyapuan Brush telah selesai, Duplicate Layer Blending Gradient Map seperti contoh di bawah ini :

Selanjutnya ubah blending layer tersebut menjadi Overlay untuk mempertajam pencahayaan kemudian turunkan Capacity Layer menjadi 50% seperti contoh dibawah ini :

Gabung seluruh Layer dengan cara memilih menu Layer – Flatten Image seperti contoh di bawah ini :

Langkah selanjutnya adalah mengoreksi warna sesuai dengan yang kita inginkan dengan cara memilih menu Image – Adjustments – Selective Color seperti contoh di bawah ini :

Pada tahap terakhir anda dapat menentukan warna yang paling dominan, pada contoh di bawah ini saya ingin memberi kesan sejuk pegunungan sehingga saya memberi sentuhan warna biru yang lebih dominan.
Add caption

Cukup mudah khan….???
Selamat mencoba….


by : LIENIES_2008


EmoticonEmoticon

Belanja